Rabu, 29 April 2009

Global Positioning System (GPS)

Definisi Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem radio navigasi penentuan posisi dengan menggunakan satelit. GPS dapat memberikan posisi suatu objek di muka bumi dengan akurat dan cepat (tiga dimensi koordinat x, y, z) dan memberikan informasi waktu serta kecepatan bergerak secara kontinyu di seluruh dunia. Satelit GPS mempunyai konstelasi 24 satelit dalam enam orbit yang mendekati lingkaran. Setiap orbit ditempati oleh 4 buah satelit dengan interval antara yang tidak sama. Orbit satelit GPS berinklinasi 550 terhadap bidang equator dengan ketinggian rata-rata dari permukaan bumi sekitar 20.200 km.
Dengan adanya 24 satelit di angkasa, 4 sampai dengan 10 satelit GPS setiap saat akan selalu dapat diamati di seluruh permukaan bumi. Sinyal satelit GPS dipancarkan secara broadcast oleh satelit GPS secara kontinyu. Dengan mengamati sinyal satelit menggunakan receiver GPS seseorang dapat menentukan posisi (lintang, bujur) di permukaan bumi. Informasi lainnya yang didapat dari satelit GPS selain posisi adalah kecepatan, arah, jarak, dan waktu.
Penggunaan satelit untuk penentuan posisi (dalam pengertian lokasi ataupun ruang) memudahkan para pengguna sistem informasi memperoleh informasi yang diinginkannya.

Sejarah Global Positioning System
GPS dikembangkan pertama kali sebagai NAVSTAR Global Positioning System (GPS) juga dikenal sebagai NAVigation System with Timing And Ranging GPS. Sistem ini merupakan sistem penentuan posisi berbasis satelit, dan sekaligus merupakan tonggak revolusi bidang pengukuran posisi dan navigasi.
Sistem GPS pada awalnya merupakan system navigasi ketentaraan yang dirancang, dilaksanakan, dibiayai, dan dikelola oleh Jabatan Pertahanan Amerika Serikat (DoD). Sistem ini dirancang oleh Jabatan Amerika Serikat sejak tahun 1973. Sistem ini adalah hasil gabungan program U.S. Navy’s TIMATION dan proyek U.S. Air Force’s 621B di bawah tanggung jawab Joint Program Office (JPO). Satelit GPS yang pertama telah diluncurkan pada tahun 1978. Pada awalnya, penggunaan sistem ini ditujukan bagi pihak tentara Amerika Serikat saja tetapi setelah diluluskan pada Kongres Amerika Serikat, penggunaan sistem penentuan posisi ini terbuka untuk umum.
Tujuan utama GPS adalah untuk mewujudkan sistem penentuan posisi di darat, laut, dan udara bagi pihak tentara Amerika Serikat dan sekutunya, namun kemudian sistem ini bebas digunakan oleh semua pengguna. Sistem ini dirancang untuk menggantikan berbagai sistem navigasi yang telah digunakan.

GPS adalah sistem radio Navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit. Nama formalnya adalah NAVSTAR GPS, kependekan dari Navigation Satelite Timing and Ranging Global Position System. Sistem yang banyak digunakan oleh banyak orang sekaligus dalam segala cuaca ini, didesain untuk memberikan posis dan kecepatan tiga dimensi yang relatif teliti, dan juga informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia (Abidin, 2000). Arsitektur sari sistem GPS disetujui oleh Dephan Amerika Serikat pada tahun 1973. Satelit pertama yang diluncurkan pada tahun 1978, dan secara resm sistem GPS dinyatakan operasional pada tahun 1994. Biaya pembangunan GPS yang pernah dilaporkan adalah sekitar 10 milyar US dolar, sementara biaya operasi dan pemeliharaanya pertahun berkisar dari 250 sampai 500 juta USD (Enge an Misra, 1999).
Pada dasarnya GPS terdiri atas tiga segmen utama, yaitu segmen angkasa (space segment) yang terdiri dari satelit-satelit GPS segmen sistem kontrol (control system segment) yang terdiri dari stasiun-stasiun pemonitor dan pengontrol satelit, dan segmen pemakai (user segment) yang terdiri dari pemakai GPS termasuk alat penerima dan pengolah sinyal dan data GPS.

Berikut ini adalah beberapa situs yang memberikan informasi tentang GPS :

1.http://en.wikipedia.org/wiki/Global_Positioning_System
Seperti yang telah kita ketahui, Wikipedia merupakan salah satu situs yang memuat banyak informasi mengenai berbagai macam hal. Begitu juga dengan GPS. Situs ini dapat menjelaskan berbagai informasi tentang GPS secara umum. Mulai dari pengertian, sejarahnya, kegunaan, cara kerja system GPS, dan sebagainya. Menariknya, situs ini juga memberikan referensi dan informasi mengenai situs-situs atau website lainnya yang berhubungan tentang topic yang dibahas (external links).
Wikipedia tersedia dalam berbagai bahasa, Berikut adalah sekilas informasi yang terdapat pada situs ini (Wikipedia berbahasa Indonesia):
GPS yang merupakan kependekan dari Global Positioning System, adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. GPS dapat memberikan informasi posisi di permukaan bumi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi. Nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (Navigational Satellite Timing and Ranging Global Positioning System; ada juga yang mengartikan "Navigation System Using Timing and Ranging.") Dari perbedaan singkatan itu, orang lebih mengenal cukup dengan nama GPS. GPS mulai diaktifkan untuk umum 17 Juli 1995. Dahulu GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. GPS sekarang banyak digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Di Eropa, GPS sangat umum dipakai untuk memandu perjalan berkendaraan, sehingga si pengendara bisa mengetahui jalur mana yang harus diambil untuk menuju suatu tempat yang dia inginkan. Untuk keperluan geografis, GPS sering juga diikutsertakan seperti mengukur jarak perbatasan.

2.http://www.navtechgps.com
NavtechGPS ini merupakan salah satu website tentang GPS yang isinya lebih ke pengembangan serta service mengenai GPS, isinya antara lain mengenai (dapat kita lihat pada menu utamanya): buku-buku, peralatan/perlengkapan survey, software, serta event-event seminar terkini. Berdasarkan data dari website, akan diadakan seminar yg terbaru pada tanggal 25-29 Februari 2008. Situs ini juga memberikan berita-berita actual terbaru mengenai perkambangan teknologi GPS. Uraian singkat mengenai isi situs:
•Seminar navtech : Seminar Navtech telah menyediakan kursus teknikal dan pelatihan GPS ‘advanced’ sejak 1984. Navtech menyediakan lebih dari 20 kursus tentang GPS professional, DGPS dan topic lain yang berhubungan. Selain itu lita dapat mem-browse : daftar dari jadwal kursus, deskripsi kursus, lokasi, informasi instruktur, Gaji, serta kontrak ‘on-site’ .
•Peralatan/perlengkapan :Navtech menyediakan koleksi buku, software dan perlengkapan untuk pengguna GPS untuk semua tipe. Navtech memiliki system GPS/GIS untuk pengguna professional, system DGPS, receiver ‘board-level’ dan industri receiver GPS ‘hand-held’ yang sangat terkenal.
•Buku- buku : Situs ini menyediakan buku-buku mengenai GPS, namun buku-buku tersebut tidak free. Contoh buku : GNSS Aided Navigation and Tracking: Inertially Augmented or Autonomous


3.http://www.gps-future.com/
Secara umum, website ini merupakan website kumpulan artikel. Website ini dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai System GPS, Magellan, Garmin dan produk-produk GPS Ipaq, tracking kendaraan, Bluetooth dan GPS pada PDA, GPS software, serta seluruh barang-barang atau hal-hal yang berhubungan dengan GPS. Pada situs ini terdapat artikel-artikel yang membahas mengenai hal tersebut dan ditulis oleh para ahli dalam bidang GPS. Di situs ini juga menerima kontribusi dari pengguna, baik berupa saran ataupun artikel-artikel mengeni GPS.
Contoh Artikel yang terdapat pada website ini adalah artikel mengenai Garmin GPS, dengan judul "Marking the Route to a Trouble-free World", secara umum di artikel tersebut dibahas mengenai teknologi Garmin GPS. Yang inti dari artikel tersebut membahas mengenai penggunaan GPS akan menjadi sesuatu yang berarti pada masa depan kelak. Dalam perkembangannya nanti GPS akan menjadi suatu hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini saja GPS sudah digunakan dalam pemantauan kemacetan, pengontrolan dalam sistem informasi pertanahan, rute dan pergerakan lalu lintas air dan udara, dan lain-lain. GPS juga menjadi kunci dalam sistem transportasi lalu lintas di masa depan.


4.www.gpsy.com
GPSy adalah suatu produk software untuk GPS. Rilisan terbaru hingga saat ini adalah versi GPSy X 3.40. Namun software ini hanya diperuntukkan bagi kalangan pengguna Macintosh. Dengan adanya software ini, para pengguna Macintosh dapat melakukan koneksi ke GPS. Software ini juga dapat dimanfaatkan untuk fasilitas pemetaan melalui GIS (tentunya juga hanya bagi pengguna Macintosh).
Dalam website ini dijelaskan secara keseluruhan mengenai software ini, baik dari download hingga support service nya. Dan tentu saja software ini berbayar, namun jika ingin mencoba, disediakan demo version yang hanya dapat berjalan sekitar 15 menit dengan beberapa fitur yang di disabled.


5.http://www.trimble.com/gps
Website ini dapat dikatakan adalah website tutorial mengenai GPS. Website ini membahas segala sesuatunya tentang gps secara komplit dan mudah dimengerti. Dari cara kerja gps, apakah GPS, pengaplikasian GPS dan lain-lain. Yang menarik dari website ini adalah selain penjelasan dengan animasi, di dalamnya juga dijelaskan satu persatu apa saja yang bisa kita lakukan dan kerjakan dengan menggunakan GPS. Di antaranya ada untuk konstruksi, untuk keperluan pemadam kebakaran, untuk pemetaan dan GIS, dan untuk penggunaan sehari-hari.
Agar dapat menyerap informasi di situs ini secara maksimal, hendaknya mambaca petunjuk cara penggunaan tutorial yang terdapat di situs ini.


6.www.gpsworld.com
Ketika anda mengunjungi situs ini, pada halaman muka anda akan dapat langsung melihat berita terkini yang terjadi mengenai perkembangan teknologi GPS di seluruh dunia. Selain itu, situs ini juga memberikan artikel/tulisan, baik berupa komentar,tips dan trik, atau pedoman-pedoman, dari penggunaan GPS, hingga pedoman membeli alat-alat GPS (receiver, dsb) dengan harga yang murah tetapi tetap dengan kualitas baik. Di sini juga ada pedoman tentang mencari kerja yang berhubungan dengan keahlian penggunaan gps yang bisa dicari berdasarkan lokasi maupun aplikasi GPSnya.
Untuk mengetahui perkembangan GPS terkini, hingga industry GPS di seluruh dunia, situs ini memang cocok dikunjungi.


7.http://www.ordnancesurvey.co.uk/oswebsite/gps/
Website ini adalah sumber utama untuk penggunaan GPS di Britania Raya. Website ini juga mengandung informasi yang sangat berguna untuk semua pengguna GPS, baik yang rekreasional, maupun yang professional. Website ini ditujukan untuk surveyor yang menggunakan GPS (land surveyor, hidrografik surveyor, maupun engineering surveyor) dan untuk para developer GIS. Di sini, surveyor GPS bisa menyediakan koordinat di Eropa berdasarkan system koordinat GPS standar yaitu ETRS89 dan langsung bisa dikonversikan ke British National Gridserta ke datum Newlyn .


8.http://www.harunyahya.com/indo/artikel/075.htm
Berdasar informasi dari situs ini, Situs ini dibuat dengan tujuan untuk menampilkan dan mensosialisasikan terjemahan bahasa Indonesia dari karya-karya Harun Yahya, seorang pemikir dan penulis terkemuka asal Turki. Buku-buku beliau memperoleh tanggapan yang luar biasa di Turki dan di seluruh dunia. Khususnya di tahun 90-an, karya-karya Harun Yahya telah menjadi inspirasi kebangkitan pemikiran bagi banyak kaum Muslimin, dan non-Muslim, dalam menghadapi berbagai penyimpangan di abad modern. Dengan kata lain, nama pena Harun Yahya melambangkan ajakan kepada kebenaran.
Kali ini, salah satu pemikiran beliau adalah mengenai GPS, dimana secara singkat dapat dilihat bahwa Sejumlah kemiripan dalam hal cara kerja dapat ditemukan antara sistem GPS dan sistem penentuan letak secara magnetik yang dimiliki oleh merpati. Keduanya memiliki sarana yang memungkinkan pengiriman data tentang letak pada permukaan bumi. Pada GPS, data dari satelit diteruskan melalui atmosfer, sebaliknya pada merpati fungsi tersebut diyakini diperankan oleh medan magnet bumi. Keduanya memiliki sistem yang dapat menangkap dan mengenali data-data (sinyal-sinyal) yang datang dari luar ini; yaitu panel-panel pada satelit dan sel-sel yang mengandung butiran-butiran magnetik pada paruh merpati. Sistem yang menafsirkan data-data ini juga terdapat pada keduanya. Pada GPS pengukuran geometris dilakukan oleh komputer dan perangkat digital lainnya (sebagaimana pada teknik trilaterasi yang dipaparkan di atas), sedangkan pada merpati otak melakukan tugas menafsirkan sinyal-sinyal yang diteruskan organ pengindra kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar